Harapan untuk Ibu Kotaku yang Baru


   Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh, Bagaimana kabarnya ? saya harap kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. 

   Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang harapan saya dan teman, jika ibu kota negara kita tercinta yaitu Indonesia dipindahkan. Sebelum masuk kedalam pembahasan, alangkah lebih baiknya jika saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya adalah seorang mahasiswa yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Sebut saja Mawar. Maaf, Rai maksudnya.



   Sebelumnya saya akan bertanya, apakah teman-teman sudah tau apa yang dimaksud dengan ibu kota? ibu kota bukan berarti ibu dari kota-kota ya, tetapi ibu kota dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah kota tempat kedudukan pusat pemerintahan suatu negara, tempat dihimpun unsur administratif, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikati.

   Setelah teman-teman membaca arti dari kata ibu kota maka itu sudah lebih dari cukup untuk memahami tulisan saya, karena yang akan saya bahas pada tulisan ini adalah harapan saya untuk ibu kota yang baru. Mudahnya, saya berharap bahwa ibu kota yang baru tidak seperti ibu kota yang lama ( sebut saja Jakarta ) yang tata ruangnya tidak baik bahkan terkesan salah. ibu kota yang baru harus memiliki tata ruang yang rapi, bersih dan terdapat pohon-pohon ( pohon yang dimaksud disini bukan pohon yang baru ditanam dengan teknik cangkok, yang akarnya tidak terlalu kuat dan mudah tumbang jika terkena angin yang cukup kencang sehingga mengakibatkan korban jiwa ).

   Seperti arti dari kata ibu kota diatas, saya harap ibu kota yang baru benar-benar bisa menjadi pusat pemerintahan yang berada dipusat Indonesia seperti Palangkaraya contohnya. Untuk teman-teman yang belum tau, Palangkaraya merupakan kota yang memiliki tata letak kota yang rapi dan teratur. Tidak hanya itu ibu kota Kalimantan Tengah ini juga dijadikan ibu kota paru-paru dunia oleh Komite Perdamaian Dunia. Ini dikarenakan hutan Kalimantan yang menyediakan udara sejuk bagi masyarakat di dunia. Saya sebagai masyarakat Indonesia yang saat ini bertempat tinggal di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak merasa bangga dan bahagia karena dilahirkan didaerah yang menurut saya sangat indah, rapi dan masih banyak hutan alaminya.

  Salah satu harapan kawan saya yang sempat saya tanyakan dan sedikit berdiskusi terkait pemindahan ibu kota ini. Dia bilang “Dia setuju jika ibu kota dipindahkan ke Kalimantan, asalkan SDA ( Sumber Daya Alam ) yang ada di Kalimantan dipergunakan sebaik mungkin dan tidak merusaknya” tidak hanya itu, ia juga bilang “Jika ibu kota Indonesia benar-benar dipindahkan ke Kalimantan, SDM ( Sumber Daya Manusia) yang ada di Kalimantan ini diberdayakan, karena masih cukup banyak masyarakat di Kalimantan yang membutuhkan pekerjaan”.

   Jika kita berbicara soal harapan, akan ada banyak sekali harapan yang bisa dibilang tidak bisa terucap dan tertulis. Terlepas dari pro dan kontra terkait pemindahan ibu kota ini saya harap masyarakat Indonesia dapat mendukung pemerintah yang memiliki niatan baik untuk bangsanya, dan bisa bersama-sama dalam mengawasi pekerjaan pemerintah dan tidak mudah termakan isu-isu yang mengadu domba kita. Karena saya yakin bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar karena menghormati jasa para pahlawannya, bangsa yang satu walaupun memiliki berbagai macam suku dan budaya, dan juga bangsa yang mengedepankan kepentingan rakyatnya.

   Berbicara tentang bangsa Indonesia, saya jadi teringat kata-kata presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno yang mengatakan “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri“.

   Mungkin hanya itu harapan saya dan beberapa teman saya yang sempat saya ajak diskusi, jika teman-teman bertanya kenapa saya berharap terhadap ibu kota yang baru ? jawaban saya cukup mudah, karena berharap itu gratis, walaupun berharap kepada manusia itu menyakitkan, maka alangkah lebih baiknya kita berharap kepada Allah SWT.

   Satu hal terakhir, jangan pernah berhenti berharap dan bermimpi, karena kita sebenarnya tidak kekurangan orang cerdas dan pintar, tetapi kita kekurangan orang yang berharap dan berani bermimpi.

Saya akhiri, maaf jika ada salah kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Harapan untuk Ibu Kotaku yang Baru"

  1. jika memang akan di pindah ke Kalimantan, semoga banyak masyarakat mendapat keterlibatan terutama dalam hal pekerjaan ya kak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel