Tujuan Kuliah yang Sebenarnya

Siapa yang tidak ingin kuliah, apalagi kuliah di Universitas yang memang kita inginkan dari awal. Kebanyakan anak muda dizaman sekarang pasti ingin berkuliah. Sayang nya tidak semua anak muda mendapatkan kesempatan untuk berkuliah, baik disebabkan biaya yang mahal, tempat yang jauh, orang tua yang melarang dan sebagainya.

www.motivasikite.web.id


Jika anda memiliki keinginan untuk berkuliah maka anda memiliki tujuan kenapa anda harus kuliah. Sekarang apa yang menjadi tujuan anda kuliah ? jika anda menjawab untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, uang yang berlimpah, ilmu yang tinggi, wawasan yang luas, gelar yang keren, Supaya di hormati, Supaya di hargai, atau mungkin hanya untuk mengisi waktu luang, atau gengsi dengan teman yang pada kuliah. Nah, jika tujuan anda seperti diatas anda tidak salah. Karena apapun tujuan nya itu adalah hak anda. Yang akan saya bahas disini adalah Tujuan sebenarnya menurut saya pribadi dari kuliah, simak penjelasannya dibawah ini.


Tujuan Kuliah yang sebenarnya itu seperti apa sih ?

Sejatinya tujuan kuliah itu bukan untuk mendapatkan IPK tinggi, dipuji orang tua, dosen dan orang sekitar, maupun untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tetapi seberapa besar perubahan pola pikir (mindset) anda selama berada di dunia perkuliahan. Namun masyarakat, tetangga bahkan orang tua lebih menilai kita dengan melihat seberapa tinggi nilai IPK kita, sehingga kita pun menjadi terpacu untuk berusaha membuat nilai IPK yang tinggi agar mereka tidak kecewa sehingga kita menjadi pengejar IPK sejati dan melupakan bahwa tujuan sebenarnya kuliah adalah mengubah pola pikir atau mindset. Lalu bagaimana sebenarnya pola pikir yang seharusnya dimiliki oleh seorang yang berkuliah itu. Pola pikir seorang yang berkuliah itu sudah tidak seperti anak SMA. Dia lebih bersifat kritis dalam menerima sesuatu, berpikir panjang kedepan, menjadi seorang konseptor didalam hidupnya, mulai berpikir untuk menemukan jati dirinya itu. Pada intinya dia mulai menjadi seseorang yang lebih dewasa dengan mengenal bahwa hidup itu tidak hanya tentang dirinya sendiri, tetapi juga masyarakat sekitar. Dia akan berpikir bagaimana caranya ilmu yang telah didapatnya selama dikuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Berbicara tentang pola pikir, saya jadi ingat kata-kata dosen saya di kampus. Dia mengatakan bahwa "Sekarang kalian makan tahu tempe itu tidak apa-apa, yang penting jangan sampai nanti anak istri kita makan tahu tempe, itu yang salah". Dari kata-kata ini kita dapat mengambil hikmah bahwa kita harus berusaha sekuat tenaga didalam hidup, kejar cita-cita kita. Sehingga pada saat kita menikah nanti, istri dan anak-anak kita tidak merasakan hal sulit seperti yang kita alami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tujuan Kuliah yang Sebenarnya"

  1. Memang , kebanyakan orang tua, keluarga,dan tetangga-tetangga selalu menjadi IPK sasaran utama keberhasilan kuliah. Padahal,banyak acuan lain yang juga penting untuk dijadikan sasarannya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel