Menjadi Mahasiswa yang Benar

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Selamat siang semuanya. Tidak terasa sekarang kita sudah berada dibulan ramdhan. Semoga puasa dan segala amal ibadah kita dibulan ini diterima dan dilipat gandakan oleh Allah SWT. aamiin.



Menjadi mahasiswa yang benar- Sesuai dengan judul nya kita akan membahas bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang benar. Berbicara tentang mahasiswa maka akan muncul suatu pernyataan bahwa mahasiswa adalah bentuk kedua dari siswa yang telah berevolusi menjadi Mahasiswa. seiring dengan perubahan status ini, maka seharusnya seorang pelajar tersebut berubah juga dari segi sifat dan tingkah laku dari yang awalnya seorang siswa menjadi seorang mahasiswa, baik secara sadar ataupun tidak sadar, mau ataupun tidak, terpaksa ataupun tidak terpaksa. Biarkan waktu yang menjawabnya.

Jika kita lihat lebih dalam lagi, kata "mahasiswa" dapat dibagi menjadi dua frasa, yaitu Maha dan siswa. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata maha sebagai ungkapan dari sangat, amat, teramat. Sedangkan siswa merupakan murid atau pelajar terutama pada tingkatan sekolah dasar dan menengah. Secara harfiah mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Atau secara singkat nya dapat kita simpulkan bahwa mahasiswa adalah sangat/amat terpelajar. 

Mahasiswa termasuk kedalam kalangan intelektual, dengan kata lain status sosialnya diakui dan dipandang sebagai kalangan yang memiliki pengetahuan yang lebih dibidang akademis. dengan ilmu yang didapatkan nya selama proses perkuliahan diharapkan mampu menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas.

Mahasiswa bukan sumber daya sembarangan, mereka sudah ditempa, sudah melalui berbagai macam proses benturan hingga akhirnya terbentuk, sehingga diri mahasiswa ini bukan seperti kantong kresek yang mudah diterbangkan angin, yang dipakai sekali lalu dibuang, yang jika ditarik melar. Mahasiswa itu seperti baja, yang kuat dan berat. Bisa menjadi material dasar pembuatan tank atau sebagainya. Mereka adalah baja yang bisa dipakai berulang-ulang, tidak akan terbang jika ditiup angin, tidak akan melar jika ditarik. Mereka adalah problem solver , yang pendapatnya layak didengarkan, yang mencari masalah dan menemukan solusi, karena sejatinya mereka adalah agent of change yang akan membawa perubahan pada dirinya sendiri, keluarganya serta bangsanya.

Mulai disini mungkin kalian akan bertanya bagaimana menjadi mahasiswa yang benar. Saya yakin kalian sebagai pembaca artikel ini mayoritas adalah seorang mahasiswa. Meski diatas tidak ada panduan tertulis tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang benar, setidaknya dengan menyadari posisi kita sebagai mahasiswa kita dapat memilah-milah tindakan mana yang harus diambil dan tindakan mana yang tidak. Karena jika Mahasiswa itu menyadari bahwa mereka jauh lebih super dari apa yang mereka pikirkan.

Saya akhiri, maaf jika ada salah kata. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar dibawah. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Menjadi Mahasiswa yang Benar"

  1. Hahhahah jadi ingat waktu saya masih menyanndang status sebagai Mahasiswa di Era taon 1990 an. Wah era lama sekali. Bahkan mungkin Randi belum lahir hiehiehiheie.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel