Belum menemukan passion ? ini caranya

Berbicara tentang passion berarti kita harus terlebih dahulu mengerti apa sebenarnya Passion itu


Apa itu Passion ?

Passion berasal dari bahasa inggris yang artinya dalam bahasa indonesia adalah Gairah
Passion dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu yang tidak pernah bosan kita untuk melakukannya, atau Segala hal yang kita korbankan untuk mencapai suatu tujuan dan tidak memikirkan untung atau ruginya. Kalau menurut saya Passion adalah sesuatu hal yang anda lakukan dan ketika anda melakukannya anda merasa tidak mau kalah dari siapa pun dibidang tersebut sehingga anda akan terus belajar untuk menggapainya bahkan terkadang anda rela mengorbankan harta, dan waktu yang anda punya untuknya. Banyak dari kita yang masih bingung membedakan antara Hobi dengan Passion, Kalau Hobi itu adalah sesuatu hal yang anda senang melakukannya tetapi hanya sebatas itu, tidak lebih. Contoh anda senang bermain futsal, hanya itu, anda tidak sampai menginginkan lebih, anda tidak ingin belajar terlalu dalam tentang nya karena itu hanya sebatas Hobi.

Setelah kita memahami apa yang dimaksud dengan passion, maka sekarang kita akan mencari tahu bagaimana caranya menemukan passion didalam diri kita. Berikut beberapa cara untuk menemukan passion :

1. Mencoba hal baru yang anda anggap menarik

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk menemukan Passion adalah dengan melakukan berbagai hal baru yang membuat diri anda tertarik. Contoh anda tertarik dibidang IT maka silahkan anda pelajari hal-hal yang berhubungan dengan IT. Anda tertarik dengan bidang Design maka silahkan anda belajar design. dan seterusnya seperti itu. Sampai pada akhirnya anda harus memilih satu bidang yang membuat diri anda bergairah untuk melakukannya. Ingat Passion itu diciptakan, bukan dari lahir. Saya sendiri tidak percaya dengan yang namanya berbakat sejak lahir, yang ada itu berusaha sekuat tenaga sehingga hal tersebut menjadi passion kita dan kita jago dalam bidang tersebut.

2. Kenali keunikan diri sendiri

Keunikan diri adalah hal yang membuat anda berbeda dari orang lain. Karena pada hakikatnya manusia didunia ini tidak ada yang sama persis, Karena Allah menciptakan manusia dengan keunikan nya masing-masing. Oleh karena itu, temukan keunikan diri anda sendiri, baik itu buruk atau pun baik. Kebanyakan dari kita masih bingung dengan keunikan yang ada di dirinya. Salah satu cara untuk mengetahui keunikan diri yaitu dengan cara bertanya kepada 5 teman dekat anda tentang diri anda sendiri, tanyakan pada mereka apa yang membuat diri anda berbeda dari yang lain ? atau tanyakan diri anda itu seperti apa? dengan jawaban dari teman dekat anda, anda bisa menyimpulkan bahwa anda itu gimana sih orang nya, apa sih yang membedakan anda dari teman lainnya, Jangan lupa bilang temannya, jawabnya harus spesifik.

3. Jangan mengikuti kata orang

Manusia diciptakan dengan memiliki akal dan pikiran, dengan akal ini kebanyakan dari kita memiliki kemampuan yang cukup baik dalam hal menilai orang lain, sehingga lupa untuk menilai diri kita sendiri. Ketika anda menetapkan pilihan passion anda, dan banyak teman anda yang berkomentar, bahkan membandingkan anda dengan teman anda yang lain yang bisa membuat pilihan anda berubah jangan dengarkan mereka. Karena yang akan menjalani passion anda adalah diri anda sendiri bukan mereka, dan setiap orang memiliki passionnya masing-masing. Jadi jangan iri dan berubah haluan hanya karena kata-kata mereka. Percaya pada diri anda, percaya pada hati anda.

4. Jangan berhenti berjuang

Merasa lelah boleh, tetapi jangan sampai anda menyerah. Karena jika anda menyerah maka impian dan cita-cita anda akan sampai disitu saja. Menemukan passion bukan lah hal yang mudah, anda membutuhkan komitmen, konsisten, kegigihan dan waktu yang diperlukan. Kebanyakan dari kita merasa sudah berjuang tetapi hasilnya tidak ada, padahal pada kenyataannya kita belum merasakan sebenar-benarnya yang dinamakan Perjuangan. Banyak orang hebat diluar sana yang berjuang mati-matian, mempertaruhkan harta dan tahtanya untuk menjadi sukses. Tetapi kebanyakan orang hanya melihat kesuksesannya saja, tidak dengan prosesnya. Karena yang mereka tahu hanya hasilnya sekarang, dan juga kebanyakan orang sukses tidak menceritakan kegagalan yang banyak telah mereka lalui.

5. Perluas wawasan diri

Dengan memperluas wawasan serta pemikiran kita maka dengan sendirinya kita akan mengetahui passion kita. Karena pada dasarnya passion itu adalah wawasan atau ilmu. Jadi dengan meperkaya wawasan maka kita akan menemukan passion kita. 

Pada intinya Passion itu diri kita sendiri yang menciptakannya, bukan orang lain. Karena kita adalah orang yang paling lama bersama diri kita sendiri dibanding siapapun, kita sendiri yang tau apa yang kita pikirkan, kita rasakan. Oleh karena itu, percayalah pada diri sendiri dan jangan menyerah karena selama kita masih hidup didunia Ujian itu akan selalu ada, masalah akan terus ada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Belum menemukan passion ? ini caranya"

  1. Setuju banget aku,, passion itu sangat penting, agar kita tau dimana bakat dan minat kita.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel