Jangan Bilang Salah Jurusan, Mengapa?

Salah jurusan ? mungkin ini yang ada dibenak anda jika anda memiliki ipk yang rendah, serta kurangnya pemahaman terhadap ilmu yang didapat pada saat berkuliah dijurusan tersebut. Sekarang saya hanya bisa tertawa jika anda merasa seperti apa yang saya sebutkan diatas. Yang perlu anda ketahui adalah tidak ada yang namanya salah jurusan. Lalu gimana bang ? apa yang membuat nilai saya rendah ? kenapa saya bodoh dan tidak dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh dosen saya ? yuk, simak penjelasannya dibawah ini



Kenapa nilai saya rendah bang ?
pertanyaan diatas silahkan dijawab sendiri, karena anda sendiri yang menjalani hidup anda selama ini. Oleh karena itu silahkan evaluasi apa aja yang kamu lakukan selama ini, yang membuat nilai anda rendah. Bisa jadi karena anda terlalu banyak bermain-main game online seperti mobile legend, AOV, PUBG dan lain sebagainya, atau bisa juga anda terlalu banyak ikut organisasi dan melupakan apa tujuan anda untuk berkuliah. Nah, hal ini lah yang perlu anda evaluasi dan jangan diulangi, kurangi rasa senang-senang sesaat itu dan jangan pernah berpikir bahwa anda salah jurusan. Karena tidak ada yang namanya salah jurusan karena nilai rendah, yang ada hanya kita yang malas mengevaluasi diri kita untuk menjadi lebih baik. Apapun jurusan yang kamu pilih pasti memiliki Kesulitan masing-masing. Contoh : jurusan matematika : dijurusan ini anda akan kesusahan dalam hal berhitung, karena ada banyak sekali rumus yang dipakai. Lalu jurusan biologi : dijurusan ini mungkin anda akan banyak menemukan praktikum, dan harus membuat laporan setiap minggu nya yang membuat kepala mu serasa mau pecah. Jurusan kimia : Dijurusan ini kamu bakalan banyak sekali praktikum, rumus-rumus, serta membuat jurnal. Lalu ada lagi jurusan Ekonomi, kamu mungkin akan banyak menemui perhitungan dan perkiraan peluang. lalu ada juga jurusan komputer, kamu bakalan berurusan dengan logika komputer, matematika, dan programing atau koding. dan masih banyak jurusan lain nya. See, setiap jurusan yang kita ambil pasti memiliki kesulitannya masing-masing, jika kamu pindah dari jurusan komputer ke jurusan ekonomi misalnya hanya untuk menghindar dari kesulitan logika, maka diekonomi kamu juga akan menemukan kesulitan lainnya.

Kenapa anda tidak memahami apa yang dosen sampaikan ?
Kebanyakan mahasiswa kurang memahami apa yang disampaikan dosen pada saat dikelas. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? hal simple yang perlu anda lakukan supaya paham tentang apa yang dipelajari sekarang adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Duduk dikursi yang paling depan dekat dengan dosen
Ini adalah hal simple yang susah sekali dilakukan oleh para mahasiswa, apalagi mahasiswa semester atas yang mengulang mata kuliah, mereka cenderung duduk dipojok sudut kursi paling belakang dan ini adalah hal yang salah besar. Dengan anda duduk dekat dengan dosen maka anda akan lebih jelas mendengar dosen pada saat menjelaskan sehingga anda dapat memahami penjelasan nya dengan cukup baik.

2. Catat apa yang dosen sampaikan
Hal sepele yang penting selanjutnya adalah catat apa yang dosen sampaikan, pada umumnya apa yang dijelaskan oleh dosen, apa yang diarahkan oleh dosen untuk dibaca maka soal ujian yang keluar biasanya berasal dari sana juga. Oleh karena itu ada baiknya kita memiliki buku kecil untuk mencatat apa yang dosen sampaikan selama dikelas.

3. Janga takut untuk bertanya
hahah, ini  merupakan hal sepele yang ketiga, saya yakin ini bukanlah hal yang jarang anda dengar bukan. Tetapi ini adalah benar-benar berdampak loh pada pemahaman kita saat memahami suatu mata kuliah. Jika anda merasa kurang jelas atau kurang paham saat dosen menjelaskan dikelas silahkan tanya kepada dosen tersebut baik pass dikelas maupun setelah kelas. Jika dosen tersebut tidak bisa diajak bertanya atau sedang sibuk, ada baiknya anda bertanya pada senior anda dikampus, saya yakin ini meruapakan jalan terbaik dan simple yang dapat anda ambil supaya nilai anda dapat naik dan anda juga semakin paham.

4. Dekati abang atau kakak tingkat dikampus
Sudah pasti dong ya, karena abang dan kakak tingkat dikampus lebih dahulu masuk dan terjun didunia perkuliahan maka mereka lebih paham dan dengan mendekati mereka anda akan mendapatkan banyak tips dan trik serta pengalaman, baik yang berhubungan dengan perkuliahan atau tidak. Yang jelas ambil yang bermanfaat dari mereka. Biasanya abang dan kakak itu baik dan mau berbagi informasi tetapi terkadang kita saja yang malu untuk mendekati mereka, bahkan untuk mengenal saja tidak mau dan takut.

5. Kenali sifat dosen mata kuliah
Nah, tips terakhir dari saya adalah kenali sifat dosen yang mengajar anda. Biasanya setiap dosen memiliki cara penilaian yang berbeda. Dengan mengenal cara menilai mereka inilah anda bisa membuat strategi bagaimana menghadapi dosen tersebut. Contoh ada dosen yang lebih menekankan di sikap atau attitude, ada juga yang menilai secara objektif, ada juga yang menilai dengan bagaimana cara kita mengerjakan tugas, apakah kita mengerjakannya dengan jujur atau tidak. 

Pada intinya jangan sampai merasa salah jurusan. Karena tidak ada yang namanya salah jurusan. yang ada hanya diri kita sendiri yang salah, yang tidak bisa beradaptasi dari dunia sekolah kedunia perkuliahan. Semoga artikel ini bermanfaat. Komen dibawah jika ada hal yang mau ditanyakan ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Bilang Salah Jurusan, Mengapa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel