Introvert itu Apa dan Bagaimana?

Apa itu Introvert?
Saya tidak akan menjelaskan secara definisi tentang intovert, hal yang menjadi pembahasan saya adalah banyaknya orang yang mengaku dirinya introvert namun secara keseharian dan prilaku tidak mencerminkan seperti itu, Banyaknya presepsi bahwa introvert adalah orang-orang yang pemalu, namun bagi saya itu suatu konteks yang salah. Sebab seorang introvert memiliki sebuah pendirian atau prinsip hidup lebih mandiri sehingga tidak bergantung pada orang lain. Kemudian karena salah satu faktor tersebut membuat seorang introvert merasa lebih baik jika sendirian, bukan berarti seorang introvert adalag anti sosial dan apatis terhadap orang dan lingkungan sekitar. 

Seorang introvert sangat suka memperhatikan hal-hal sederhana, lebih detail dalam melihat keadaan sekitar namun dalam kondisi dan posisi yang memang tidak ingin terlihat peduli sebab dengan hal itu seorang introvert merasa lebih aman dan tidak memiliki keterikatan dengan orang dan lingkungan sekitar sehingga tidak menimbulkan masalah kedepannya seperti beberapa orang asing yang ingin mengakrabkan diri lalu tak lama mencoba mencampuri urusan pribadi seorang introvert. Ini adalah cara bertahan hidup seorang introvert dimana kesendirian adalah ketenangan dan kedamaian hidup.

Seorang introvert lebih suka berbicara dan berdiskusi dengan dirinya dan pikirannya sendiri, mengevaluasi setiap tindakan dan prilakunya serta mencari hal baru dan kemampuan yang dimiliki, sehingga seorang introvert memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin mencoba banyak hal. Namun, beberapa kelemahan introvert adalah rasa lelah yang cukup besar, bahkan hanya dengan berada ditempat yang ramai seorang introvert akan merasa kelelahan, apalagi sampai harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang.

Berbicara soal ide, introvert bisa dikatakan sebagai sumber mata air dari sebuah ide. Sebab, seorang introvert yang suka akan kesendirian, fokus terhadap diri sendiri, memperhatikan hal-hal sederhana dari alam membuat seorang introvert memiliki berbagai macam inspirasi dan ide pastinya. Namun ide tersebut jarang terealisasikan karena kurangnya seorang introvert dalam hal berkomunikasi.

Bagi pembaca yang merasa dirinya introvert jangan merasa senang dulu, sebab tidak ada manusia didunia ini yang benar-benar 100% introvert, setidaknya seorang introvert tetap akan bersosialisasi dengan orang tua, bahkan guru dan lain sebagainya. Seorang introvert juga dapat berubah seiring berjalannya waktu, bertemu dengan orang yang memahaminya dan sepemikiran dengannya juga dapat mempengaruhi perubahan seorang introvert.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, bukan tentan introvert, extrovert ataupun ambivert, seorang manusia adalah tetap manusia dan tetaplah berbuat baik. Hanya itu, Salam Motivasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Introvert itu Apa dan Bagaimana?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel