Rahasia Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi


Apa itu waktu ?

Sebelum membahas cara membagi waktu, ada baiknya kita memahami dulu apa itu waktu.
Menurut M. Quraish Shihab, waktu adalah rangkaian yang telah berlalu, sekarang dan yang akan datang. Sedangkan menurut imam Asy-Syafi'iy adalah waktu itu ibarat pedang, jika kamu tidak menebasnya maka waktu tersebutlah yang akan menebasmu. Dan jika jiwamu tidak disibukkan didalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan.
Selain itu waktu adalah hal yang kita semua miliki, waktu adalah nikmat yang harus selalu kita syukuri, waktu sangat berharga bahkan ada pepatah luar mengatakan "Time is Money" atau dalam bahasa indonesia waktu adalah uang. Sama seperti anda saya juga memiliki waktu, kita semua sama sama menjalani waktu 24 jam sehari. Perbedaannya hanya pada cara kita menggunakan waktu ? apa sih yg kita lakuin dengan waktu yang kita miliki selama ini. Lalu bagaimana sih cara kita mengatur waktu kita dalam menjalani dunia perkuliahan dan organisasi ? yuk simak penjelasan dibawah ini.

Tentukan prioritas utama

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentukan prioritas utamamu, atau apa sih tujuanmu kuliah. Apakah tujuanmu itu untuk mendapatkan gelar yang kamu inginkan ? atau untuk membahagiakan kedua orang tua ? mendapatkan pekerjaan yang layak ? menjadi PNS ? Memiliki banyak relasi terhadap orang-orang disekitar ? atau yang lainnya. Jika kamu sudah menentukan apa prioritas utama mu maka kamu dapat mengerjakan sesuatu berdasarkan prioritas yang kamu punya. Contoh, jika kamu memiliki prioritas dibidang akademik, kamu pengen cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan yang layak, maka kamu harus memprioritaskan hal tersebut. Jika ada dua pilihan antara organisasi atau kuliah, maka kamu harus memilih kuliah. Jadi jalani hidupmu berdasarkan prioritas.

Jangan menunda nunda sesuatu

yaa, ini adalah hal yang sering anda baca dan dengar baik dari tulisan diinternet maupun dari kata-kata orang tua kita. Hal ini merupakan hal yang penting, ada kata-kata bijak yang mengatakan "manfaatkan waktu luang mu sebelum datang waktu sibuk mu" jadi kamu kamu harus mengerjakan sesuatu sesegera dan secepat mungkin yang dapat kamu lakukan pada saat itu, untuk melakukannya anda membutuhkan ilmu yang namanya menunda kesenangan sesaat. Diluar negeri terdapat sosial experimen, yaitu dengan menempatkan anak berumur dibawah 10 tahun didalam sebuah ruangan yang terdapat sebuah marsmelow, anak tersebut diberikan perintah untuk tidak memakan marsmelow tersebut, jika anak tersebut mampu menahan nya sampai ibu tersebut kembali maka ia akan mendapatkan 2 buah marsmelow. Hasilnya banyak anak yang tidak tahan lalu memakan marsmelow tersebut, tetapi ada juga yang mampu menahan untuk tidak memakannya. Lalu hasilnya setelah besar anak yang mampu menahan untuk tidak memakan marsmelow tersebut memiliki pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik dari yang lainnya. Soo penting sekali untuk menahan nafsu untuk kesenangan sesaat. Balik lagi ke topik awal yaitu jangan menunda suatu pekerjaan atau tugas, jadi anda harus benar-benar memanfaatkan waktu luang anda untuk hal-hal yang berguna seperti mengerjakan tugas, sehingga pada saat anda mendapatkan tugas dari organisasi yang anda jalani, anda bisa menjalankannya dengan tenang dan senang karena anda sudah menyelesaikan tugas anda sebelumnya.

Menjadi seorang pengonsep

ini adalah hal yang harus anda miliki dan tanamkan didalam diri anda sendiri. lalu apa maksud dari menjadi seorang pengonsep ini ? artinya anda harus membuat konsep atau daftar apa-apa saja hal yang harus anda lakukan pada hari besok atau hari hari selanjutnya. Maksudnya anda harus menyusun kegiatan apa saja yang akan anda lakukan besok mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, disini anda bisa membagi waktu antara jam kuliah, jam bermain, jam mengerjakan tugas, jam olahraga, jam rapat organisasi dan lain sebagaiya, tetapi yang penting harus anda lakukan adalah selalu adakan evaluasi setiap harinya pada saat sebelum tidur untuk melihat apa yang anda dapatkan hari ini dan hari esok supaya lebih baik lagi dari hari ini, manusia itu bergerak maju bossku, meskipun sedikit setidak nya anda bergerak kedepan, tidak diam atau bahkan mundur.

Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan untuk teman-teman semua, jika ada masukan atau kritik dan saran bisa komen dibawah atau bisa email saya langsung, jangan ragu jangan bimbang. Oh iya, kritiknya yang membangun ya :v jangan sampah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Rahasia Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel